Akses Jalan Masyarakat Manik Maraja Simalungun Tertutup Tembok Penahan Tanah yang Rubuh

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sabtu (6/12/2024), mengakibatkan tembok penahan tanah di Jalan Korea, Nagori Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik longsor.

topmetro.news – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sabtu (6/12/2024), mengakibatkan tembok penahan tanah di Jalan Korea, Nagori Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik longsor.

Hal tersebut pun mengakibatkan akses jalan yang sehari-hari masyarakat lalui, tertutup. Kejadian itu sudah berlangsung tiga hari sejak kejadian.

Masyarakat juga sudah melakukan upaya untuk membersihkan material longsor dari jalan secara manual dan bergotong royong. Namun keterbatasan tenaga dan peralatan pun menghambat proses pembersihan material longsor maupun untuk perbaikan tembok penahan tanah.

Masyarakat pun berharap pemerintah melalui BPBD Kabupaten Simalungun dapat segera mengirimkan bantuan peralatan dan tim untuk membantu penanggulangan bencana alam di sana.

Pangulu Manik Maraja Suriono, ketika menjawab konfirmasi menerangkan, bahwa bencana tersebut terjadi, Minggu (7/12/2024) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB. Yakni pascahujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

“Kejadiannya jam satu Bang, malam Minggu. Semalam kami sudah gotong royong tapi gak sanggup lah Bang. Harus pakai alat berat,” sampainya.

Pangulu menjelaskan, jalan yang tertimbun longsor tersebut merupakan akses keluar masuk warga. Juga merupakan jalan alternatif menuju Pamatang Raya. Di mana Pemkab Simalungun baru saja membangun akses tersebut.

“Itu jalan alternatif ke Raya yang baru dibangun Pak Bupati Radiapoh Sinaga,” sampainya.

Selanjutnya ia mengaku sedang membuatkan surat pemberitahuan ke BPBD Simalungun. “Ini lagi buat suratnya Bang ke BPBD. Biar akses jalan ini bisa dilalui kembali dan dilakukan penanganan mencegah longsor kembali terjadi,” tutupnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment